Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Pendampingan Revitalisasi SMK Negeri 1 Manado Pilihan

Manado, 21 September 2018, Menyambut Revolusi 4.0 yang akan mengintegrasikan kemampuan internet dengan lini produksi di industri. Untuk mengantisipasi dua tantangan besar diatas perlu adanya perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan, yaitu penyelenggaraan pendidikan kejuruan mengacu pada kompetensi sesuai dengan tuntutan pasar kerja (work-based competence). ini membuat kami SMK Negeri 1 Manado telah melaksanakan lebih dulu program peningkatan baik dari sisi management sekolah maupun tingkat kurikulum pelaksanaan ini juga tentunya tidak lepas dari Bimbingan dan Arahan Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang hal ini ini juga di hadiri dalam Kegiatan Pengembangan Revitalisasi SMK Negeri 1 Manado, Ciri utamanya adalah sekolah meletakkan visi dasar bahwa peserta didik sebagai sosok pribadi yang utuh. Mereka memiliki potensi dan kekuatan dasar dalam dirinya, yang mampu menolong dirinya ketika mereka merasa berdaya. Tugas pendidikan adalah menolong menumbuh-kembangkan potensi diri itu agar mereka menjadi pribadi seutuhnya, yang mampu menolong dirinya sendiri melalui kreativitasnya, tangan-tangan terampil dan inovasinya yang tiada henti.  Dalam proses belajarnya, peserta didik tak lagi sekedar belajar keterampilan atomistik, akan tetapi belajar “konten masa depan” yang lebih holistik melalui proyek-proyek belajar berinovasi yang menjembatani teori dan praktik secara lebih realistik, dengan obyek belajar keunggulan potensi sumber daya alam lokal. Mereka inilah yang digambarkan akan menjadi pelopor negeri yang inovatif dan produktif dan mengungguli persaingan global. 

  • Akuntansi Dan Keuangan Lembaga  (AKL)
  • Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran  (OTP)
  • Bisnis Daring & Pemasaran (BDP)
  • Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 
  • Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 
  • Perhotelan 

42282236 2035196223167294 681285059864428544 n

Menjadi Prioritas tentunya adalah Kompetensi Keahlian yang sudah berjalan untuk kelas industrinya contoh pada Kelas Alfamart pada program keahlian Bisnis Daring & Pemasaran .
Kegiatan ini juga di hadiri oleh NaraSumber dari Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Bpk. DR. Yuri Sutopo, memantau serta melihat keterlaksanaan Inpres No. 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi SMK khususnya di SMK Negeri 1 Manado bagaimana progres perkembangan serta hal-hal yang menjadi masukkan serta memberikan support serta pendamping bagi Guru Guru di SMK Negeri 1 Manado khususnya juga Guru Produktif dan Guru PPKN, dalam kegiatan ini juga di sampaikan oleh Wakil Hubmas dan HKI Sofie Purukan, S.Pd Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari Tanggal 17 September 2018 Sampai Tanggal  Jumat, 21 September 2018 Kegiatan juga akan mengundang para para pelaku Usaha/Industri pada Masing Masing Program Keahlian, mengembangkan sekolah-sekolah kejuruan dan pelatihan-pelatihan kreatif dengan model life-based learning sebagai pendidikan alternatif. Pembelajaran di SMK mengedepankan pendekatan berbasis potensi alam kehidupan nyata. 

DR. Yuri Sutopo, sapaan Pak Yuri yang sangat familier dengan keluarga besar smk negeri 1 manado, pada Hari Pertama memberikan penguatan kepada seluruh guru dan tenaga administrasi di sekolah tentang bagaimana pentingnya Revitalisasi SMK Negeri 1 Manado agar anak didik yang lulus dapat terserap di dunia usaha/industri sesuai dengan kompetensinya yang telah memiliki kompetensi dan telah di sertifikasi, Pak Yuri Memberikan juga support bagaimana sekolah sekolah di pulau jawa mencoba berkolaborasi serta mendekatkan diri dengan DUDI tidak terlepas daripada kepedulian pada Pelaku Usaha kepada Sekolah Menengah Kejuruan, 

985fc326 b631 43d4 84f2 9d898db348a2

Hari Kedua, Para Pelaku Usaha datang kesekolah dalam rangka memberikan masukan serta menyelaraskan Kurikulum Kelas Industri yang akan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Manado, dari beberapa industri yang telah memberikan paparan tentang visi misi perusahaan dan kebutuhan akan lulusan yang terkesan oleh adalah perwakilan Usaha dari Kelas Alfamart, Kantor Pos Manado, Karya Wenang tetapi juga ada Adira Finance Manado yang juga di Jajaki oleh Sekolah dalam rangka lebih mendekatkan/menyelaraskan kurikulum agar supaya peserta didik lebih mendapatkan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan Industri.

Hari Ketiga, guru guru produktif bersama sama dengan ketua program keahlian masing masing mencoba menyelaraskan kurikulum masing masing dengan Dunia Usaha dan Industri, juga mata pelajaran PPKN bersama sama karena sesuai dengan penyampaian hari kemarin para pelaku usaha selain meninginkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan dan ketrampilan yang baik tetapi juga dari sisi karakter juga memiliki lulusan yang jujur bertanggung jawab, serta etos kerja tinggi selain sopan santun yang di utamakan apalagi beberapa program keahlian yang sangat dengan produk Jasa. Revitalisasi ditempuh dengan dua strategi utama. Skenario pertama adalah menyempurnakan dan memantapkan sekolah-sekolah kejuruan dengan model demand-driven, mengubah model supply-driven yang  berlangsung selama ini dengan standarisasi mutu. Ciri utama pendidikan dan pelatihan vokasi ini mengedepankan pendekatan job-based learning. Desain sekolah dikembangkan berangkat dari kebutuhan dan pengakuan dunia usaha dan industri. Analisis kebutuhan itu kemudian dirumuskan ke dalam standar-standar kompetensi disertai dengan jenis sertifikasi dan teknik pengujiannya.

891ead5c 0c04 4a96 82c4 5e0c42aa4e50

Hari Keempat, Pak Yuri mencoba memantau situasi kegiatan di Kelas Industri ; Bengkel Tempat Praktek ; Ruang Praktek ; Serta Ruang Kelas dan Situasi dari Suasana Sekolah ada beberapa juga masukkan dan saran dari pemantauan sekolah yang perlu di perbaiki serta dibuat lebih nyaman lagi dalam proses pembelajaran dan praktek dalam menghasilkan produk unggulan. sore hari juga melakukan pemantauan langsung pada DU/DI atau di mana tempat anak didik melakukan Praktek Kerja Lapangan bersama sama dengan guru guru masing masing program keahlian bersama sama datang ke tempat pelaku usaha sehingga melihat bagaimana proses kegiatan yang terjadi ditempat usaha dan bagaimana implementasi di kelas industri nantinya. 

dc71a368 2ee6 41b2 9420 28ca64b913fb

42261232 2399137383435376 4079785092258463744 n

Hari Kelima, pada Acara Penutupan juga Pak Yuri memberikan apresiasi yang tinggi kepada Keluarga Besar SMK Negeri 1 Manado yang telah melaksanakan bahkan telah melangkah kedepan dengan program program yang telah di laksanakan LSP-P1, Kelas Industri, Teaching Factory, ISO 9001:2015 serta kegiatan kegiatan lainnya, Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Manado juga Bpk. Drs. Moodie Dj. Lumintang, M.Pd kegiatan ini telah memaparkan sejumlah kegiatan kegiatan yang dilaksanakan dan progress keterlaksanaannya, Kepala Sekolah juga menyampaikan ketersiapan Assesor di LSP-P1 dalam rangka supaya lulusan SMK Negeri 1 Manado bukan hanya berkompeten tetapi juga telah memiliki sertifikasi berlambang garuda yang nanti dapat di pakai para lulusan di dalam mereka melamar pekerjaan. 

kepsek2

Drs. Moodie Dj. Lumintang, M.Pd Kepala SMK Negeri 1 Manado memberikan arahan kepada Guru Guru dalam rangka menyiapkan Kurikulum sesuai tuntutan Pemerintah Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 (Revitalisasi SMK) karena melihat bangsa Indonesia menghadapi tantangan global akibat Revolusi Industri 4.0 di Abad XXI. Gelombang besar Revolusi Industri 4.0 membiakkan teknologi desruptif yang luar biasa dahsyat dan membuat turbulensi kehidupan baru, serta persaingan global yang makin berat, Revitalisasi SMK diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu SMK dengan dua orientasi baru. Pertama, mengantisipasi datangnya gelombang Revolusi Industri 4.0 dengan segala teknologi desruptif yang menyertainya; dan kedua, orientasi pengembangan keunggulan potensi wilayah sebagai keunggulan nasional untuk menciptakan daya saing bangsa. Pilar pertama memperkokoh jalinan SMK dengan dunia usaha dan industri Abad XXI, pilar kedua mendongkrak keunggulan lokal menjadi keunggulan global. Terdapat enam isu strategis yang menjadi prioritas revitalisasi SMK, yakni penyelarasan dan pemutakhiran kurikulum; inovasi pembelajaran; pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan; dan kemitraan sekolah dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan perguruan tinggi; standarisasi sarana dan prasarana utama; dan penataan/pengelolaan kelembagaan.

Penyelerasan dan pemutakhiran kurikulum SMK memprioritaskan kesesuaian perkembangan teknologi dan kesesuaian dengan kebutuhan riil dunia usaha dan industri (DUDI). Pemerintah juga telah mendukung program kerja sama industri dengan melibatkan peran guru kejuruan melalui program keahlian ganda yang didukung dengan program magang industri untuk guru produktif dan guru tamu dari industri. Peningkatan kebekerjaan lulusan SMK akan didorong melalui pemberian sertifikasi kompetensi lulusan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Satu (LSP-P1). Selain itu, perluasan teaching factory di SMK dirancang agar mendorong inovasi dan produktivitas lulusan SMK. Revitalisasi SMK ini juga didukung oleh sejumlah perguruan tinggi melalui pendampingan SMK dan pengembangan inovasi. dalam hal ini Universitas Negeri Semarang (UNNES), DR. Yuri Sutopo berkenan hadir di sekolah kita SMK Negeri 1 Manado. dalam hal ini juga disampaikan kepala sekolah bahwa Senin (Red)  Program pendampingan juga melibatkan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), dalam rangka pendampingan untuk Guru Produktif pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga .

Inset : admin bp. 

 

 

 

Baca 1799 kali Terakhir diubah pada Minggu, 23 September 2018 14:57
smkn1-manado.sch.id

Admin SMK Negeri 1 Manado 

Cari

Pengunjung

268534
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
585
256061
39150
268534

Your IP: 34.236.216.93
2019-10-23 02:44