(0 pemilihan)

StrategiPencapaian Pilihan

Agustus 24, 2018

Bidang pengembangan Manajemen Mutu

  • Mengkoordinir pelaksanaan manajemen review untuk mengevaluasi kinerja sistem manajemen mutu sekolah.
  • Mengkoordinir secara teknis penyiapan dokumen dan pelaksanaan Rencana Strategis, akreditasi sekolah, evaluasi diri sekolaMenyusun program kerja Wakil Manajmen Mutu ( tahunan, semester )
  • Mengkoordinir penyusunan dan implementasi dokumen mutu sekolah, mengacu pada hierarki / level dokumen sekolah.
  • Memastikan bahwa proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutu sekolah ditetapkan, diterapkan dan dipelihara.
  • Memastikan peningkatan kesadaran mutu akan persyaratan, harapan dan kepuasan pelanggan bagi sekolah.
  • Melaksanakan pengukuran / suvey kepuasan pelanggan ( siswa, orang tua siswa dan dunia usaha/industri ) secara berkala terhadap kinerja sekolah.
  • Mengkoordinir pengelolaan kotak saran, masukan dan keluhan siswa.
  • Mengolah data serta membuat laporan hasil pengukuran kepuasan pelanggan serta saran, masukan dan keluhan siswa.
  • Mengkoordinir pelaksanaan tindakan pencegahan dan tindakan koreksi atas potensi dan ketidaksesuaian kinerja sekolah.
  • Mengkoordinir pelaksanaan audit mutu internal terhadap semua unit kerja terkait dengan kinerja sistem manajemen mh dan perumusan RKS / RKAS.
  • Melaporkan kepada Kepala Sekolah tentang kinerja dari sistem manajemen mutu dan kebutuhan untuk peningkatan.
  • Mengkoordinasikan hubungan antara sekolah dan pihak luar yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu.
  • Mengkoordinir pengkajian potensi wilayah untuk Re-Engineering (penataan kompetensi keahlian yang ada serta rencana pembukaan kompetensi keahlian baru sesuai kebutuhan daerah dan dunia usaha/industria).
  • Mewakili Kepala Sekolah untuk urusan-urusan tertentu sesuai bidang tugas.
  • Menyusun laporan kinerja ( tahunan, semester, bulanan, dan insidentil ).

Bidang pengembangan Manajemen Kurikulum dan pembelajaran seperti :

  • Menyusun program kerja Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum ( tahunan, bulanan,semester ).
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian, memahami kurikulum SMK dan juklaknya.
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian, menganalisa dan mengembangkan kurikulum.
  • Menyusun kalender pendidikan sekolah berdasarkan kalender pendidikan Dinas Pendidikan Nasional.
  • Mengkoordinir penyusunan Kurikulum, silabus, RPP, KKM dan perangkat pembelajaran lainnya.
  • Menyusun pembagian tugas mengajar guru.
  • Menyusun jadwal pelajaran setiap semester.
  • Mengkoordinir persiapan dan pelaksanaan KBM.
  • Mengkoordinir pelaksanaan supervisi KBM di kelas dan menindak-lanjutinya.
  • Mengkoordinir pelaksanaan evaluasi belajar ( tengah semester, akhir semester, UN Praktik Kejuruan, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Utama ).
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian menjabarkan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan.
  • Membuat analisis pencapaian target kurikulum per mata pelajaran.
  • Membuat analisis capaian hasil belajar / daya serap semester dan ujian nasional.
  • Mewakili Kepala Sekolah untuk urusan-urusan tertentu sesuai bidang tugas.
  • Menyusun laporan kinerja ( tahunan, semester, bulanan, dan insidentil ).

Bidang pengembangan managemen Humas/HKI

  • Menyusun program kerja Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat / Industri  (tahunan, bulanan, semester)
  • Menyusun program hubungan kerja sama sekolah dengan dunia kerja dan industri / masyarakat.
  • Mengkoordinir pelaksanaan dan mengevaluasi program pendidikan sistem ganda (PKL).
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian menjajaki hubungan kerjasama dengan DU/DI dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda.
  • Membuat peta dunia usaha/industri, institusi pasangan yang relevan.
  • Mengkoordinir pelaksanaan Praktik Kerja Industri, baik dalam maupun luar negeri.
  • Mengkoordinir pelaksanaan promosi sekolah ( Kunjungan langsung, leaflet, pameran )
  • Bersama koordinator BP/BK melaksanakan pemasaran dan penelusuran tamatan.
  • Mengkoordinir pengembangan dan evaluasi pelaksanaan Business Centre.
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian, mengkoordinir penyiapan siswa untuk Lomba Keterampilan Siswa (LKS).
  • Mengkoordinir pelaksanaan rapat-rapat dinas.
  • Menginformasikan segala kebijakan yang ditempuh oleh manajemen sekolah kepada segenap stake holder
  • Mewakili Kepala Sekolah untuk urusan-urusan tertentu sesuai bidang tugas.
  • Menyusun laporan kinerja ( tahunan, semester, bulanan, dan insidentil ).

Bidang pengembangan managemen Kesiswaan

  • Menyusun program kerja Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswan (tahunan, bulanan, semester)
  • Menyusun program pembinaan dan pengembangan kesiswaan.
  • Membina, Membimbing dan mengawasi pelaksanaan kegiatan ekstra-kurikuler ( OSIS, Pramuka, PMR/UKS, dll ).
  • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Masa Orientasi Siswa (PLS).
  • Mengkoordinir penyiapan calon siswa teladan dan paskibraka.
  • Mengkoordinir kegiatan pengembangan minat dan bakat siswa (olah raga, kesenian, dll)
  • Mengkoordinir pelaksanaan upacara bendera rutin dan dalam memperingati hari-hari besar nasional.
  • Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan kegiatan memperingati hari-hari besar keagamaan.
  • Mengkoordinir pemilihan / penunjukan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan-kegiatan di luar sekolah.
  • Membina dan mengawasi disiplin dan tata tertib siswa.
  • Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup.
  • Mengevaluasi pelaksanaan program pembinaan kesiswaan dan menindaklanjuti.
  • Mewakili Kepala Sekolah untuk urusan-urusan tertentu sesuai bidang tugas.
  • Menyusun laporan kinerja ( tahunan, semester, bulanan, dan insidentil ).

Bidang Pengembangan Manajemen perlengkapan sarana prasarana sekolah

  • Menyusun program pengembangan sarana dan prasarana sekolah.
  • Mengawasi penggunaan / pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
  • Bersama Pokja Sarana menyusun dan melaksanakan program pemeliharaan / maintenance & repair serta penghapusan barang inventaris.
  • Bersama Urusan Perlengkapan Tata Usaha : Mencatat semua barang inventaris ke dalam Buku Induk Barang Inventaris dan Buku Golongan Barang Inventaris, sesuai ketentuan / petunjuk pelaksanaan inventaris Depdikbud tahun 1983.
  • Membuat laporan triwulan mutasi barang inventaris.
  • Mengisi daftar isian inventaris.
  • Membuat daftar rekapitulasi barang inventaris.
  • Secara teknis bertanggung jawab terhadap penggunaan perlengkapan termasuk peralatan praktik.
  • Membuat daftar inventaris barang tiap-tiap ruang.
  • Menyusun rencana kebutuhan sarana (peralatan, perabot, peralatan praktik).
  • Bersama-sama dengan Ketua Kompetensi Keahlian menyusun rencana kebutuhan bahan praktik dan bahan penunjang KBM lainnya.
  • Mewakili Kepala Sekolah untuk urusan-urusan sesuai bidang tugas.
  • Menyusun laporan (bulanan, semester, tahunan) 

Bidang Pengembangan Manajemen Ketenagaan seperti :

  • Menyusun program kerja Wakil Kepala Sekolah Urusan Ketenagaan          ( tahunan, semester ).
  • Melaksanakan evaluasi kinerja staf ( guru dan tenaga administrasi ) pada setiap semester.
  • Mengkoordinir pengurusan sertifikasi guru.
  • Bersama ketua-ketua kompetensi keahlian menyeleksi wali-wali kelas dan mengusulkannya kepada Kepala Sekolah.
  • Membuat analisa kebutuhan staf.
  • Mengkoordinir pelaksanaan studi lanjut staf
  • Mengkoordinir pelaksanaan penilaian kompetensi staf
  • Melakukan analisa kompetensi staf
  • Menyusun rencana kebutuhan pelatihan / magang staf dan mengkoordinir pelaksanaannya.
  • Bersama Koordinator TAS, mengkoordinir pengurusan kenaikan pangkat dan berkala staf.
  • Melakukan rekrutmen tenaga honor guru dan TAS.
  • Mewakili Kepala Sekolah dalam urusan-urusan tertentu sesuai dengan bidang tugas.
  • Menyusun laporan kinerja ( tahunan, semester, bulanan dan insidentil

Bidang pengembangan Manajemen Pendanaan dan pembiayaan

  • Menyusun program kerja     ( tahunan, semester ).
  • Mengkoordinir Penyusunan RKAS
  • Pelaksanaan dan pengawasan penggunaan anggaran
  • Pelaporan penggunaan anggaran
  • Membuat laporan secara berkala dan insidentil 

 Bidang Pengembangan Manajemen Perpustakaan

  • Menyusun Program kerja perpustakaan ( semester, tahunan )
  • Merencanakan pengadaan buku, alat, bahan / perabot perpustakaan.
  • Menyusun dan mengawasi pelaksanaan tata tertib perpustakaan.
  • Mengurus pelayanan perpustakaan.
  • Memelihara dan memperbaiki buku, alat, bahan / perabot perpustakaan.
  • Menginventarisir buku, alat, bahan / perabot perpustakaan.
  • Mengatur, menyimpan buku dan bahan perpustakaan lainnya.
  • Merencanakan pengembangan perpustakaan.
  • Meningkatkan upaya minat baca warga sekolah (siswa, guru dan tata usaha)
  • Mengatur dan membagi tugas pembantu petugas perpustakaan.
  • Mengoperasikan dan menata media elektronik di Perpustakaan.
  • Membuat display, visualisasi data dalam bentuk grafik, diagram.
  • Menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain.
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan yang diberikan oleh atasan langsung.
  • Menyusun laporan secara berkala dan insidentil

Bidang pengembangan manajemen Bimbingan konseling ( BK )

  • Menyusun program BP / BK ( semester , tahunan ).
  • Memberikan penjelasan pada calon siswa / siswa tentang jenis profil kompetensi  keahlian, kompetensi yang dimiliki tamatan serta peluang lapangan kerja yang dapat dimasuki.
  • Memberikan bimbingan penyuluhan kepada siswa secara individu / klasikal.
  • Mengembangkan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Memberikan wawasan karir kejuruan kepada siswa.
  • Memotivasi siswa untuk mencintai kerja melalui kunjungan ke DUDI / instansi dan masyarakat.
  • Menangani permasalahan yang berkaitan dengan kenakalan siswa dan gangguan belajar.
  • Mengadakan kunjungan kepada orang tua / wali siswa (home visit) bagi siswa yang bermasalah.
  • Membantu memasarkan dan menelusuri tamatan.
  • Membantu pelaksanaan seleksi PSB.
  • Membuat peta kerawanan sekolah / siswa.
  • Membina disiplin dan budi pekerti siswa.
  • Menjalin kerjasama dengan seluruh tenaga kependidikan dan non kependidikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas BP.
  • Membuat laporan secara berkala dan insidentil

Bidang pengembangan Manajemen K3

  • Menyusun program pembinaan dan pengembangan program keahlian.
  • Mendalami dan memasyarakatkan kurikulum 13 pada kompetensi keahlian.
  • Melakukan revisi Kurikulum 13 secara rutin pada setiap tahun pelajaran.
  • Melaksanakan dan memelihara hubungan dengan DUDI, instansi yang terkait.
  • Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan praktik kerja industri dan magang siswa pada kompetensi keahliannya.
  • Mengkoordinir penggunaan ruang praktik, penggunaan alat dan bahan praktik pada kompetensi keahliannya.
  • Mengkoordinir pelaksanaan KBM dan tugas guru pada kompetensi keahliannya.
  • Melaksanakan supervisi dan evaluasi pelaksanaan KBM dan tugas lain pada kompetensi keahliannya.
  • Membantu pelaksanaan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatan.
  • Mengkoordinir dan membimbing siswa kompetensi keahlian dalam pelaksanaan ujian kompetensi/produktif.
  • Membimbing siswa dalam pelaksanaan LKS sesuai kompetensi keahliannya.
  • Menyusun pembagian tugas mengajar guru produktif pada kompetensi keahliannya.
  • Menyusun rencana kebutuhan alat dan bahan praktik untuk kompetensi keahliannya.
  • Menyelenggarakan urusan administrasi kompetensi keahlian yang meliputi catatan kemajuan siswa, data guru, inventaris, dan hal-hal lain yang diperlukan.
  • Melaksanakan bimbingan profesi kejuruan serta membina disiplin dan budi pekerti siswa dalam lingkup kompetensi keahliannya.
  • Menyusun laporan (bulanan, semester, tahunan dan insidentil).

Bidang pengembangan Manajemen Wali Kelas

  • Menyusun program kerja perwalian.
  • Mengetahui nama dan memahami karakter siswa pada kelasnya.
  • Membuat lay out kelas.
  • Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua / wali siswa.
  • Menghubungi orang tua / wali siswa apabila diperlukan (langsung atau tidak langsung).
  • Menyelenggarakan administrasi kelas.
  • Memenuhi perlengkapan yang dibutuhkan di kelas.
  • Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan guru mata pelajaran untuk kelancaran KBM.
  • Membantu guru BP/BK dalam menangani kasus pelanggaran tata tertib siswa.
  • Mengumpul nilai dari guru mata pelajaran dan mencatatnya dalam buku / daftar nilai, buku laporan pendidikan.
  • Mengisi dan membagikan buku laporan pendidikan.
  • Membina disiplin dan budi pekerti siswa.
  • Membantu siswa perwalian dalam memecahkan masalah yang dihadapinya
  • Menyusun laporan (bulanan, semester, tahunan dan insidentil).

Bidang pengembangan Manajemen Guru Mata Pelajaran

  • Menyiapkan perangkat pembelajaran, yang terdiri dari : Silabus, RPP, Program Tahunan, Program Semester, KKM, Daftar Hadir Siswa, Daftar Nilai/Perkembangan Siswa, Jurnal/Agenda Guru, Analisis Hasil Evaluasi dan Program Remedial/Pengayaan.
  • Melaksanakan kegiatan belajar mengajar :
  1. a. Guru Teori :
  • Mempersiapkan bahan ajar dan alat bantu mengajar.
  • Memasukkan visi dan misi kejuruan, nilai PBKB pada mata pelajaran yang dimpuh.
  1. b. Guru Praktik :
  • Mempersiapkan bahan ajar, bahan dan alat praktik, ruang praktik.
  • Melaksanakan KBM praktik dan penilaiannya.
  • Mengkoordinir dan mengawasi siswa selama melaksanakan praktik.
  • Bertanggungjawab terhadap semua fasilitas yang digunakan (ruangan, perabot, bahan, alat, dll).
  • Membuat  inventaris dan administrasi pelaksanaan praktik.
  • Menyampaikan nilai hasil ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, kepada Wali Kelas.
  • Melaksanakan bimbingan profesi siswa.
  • Mengembangkan alat bantu / media untuk KBM.
  • Melaksanakan kegiatan 5 K – 7 K.
  • Ikut serta mengembangkan unit produksi, hubungan industri, uji kompetensi, PSG, magang siswa serta pemasaran dan penelusuran tamatan.
  • Membina disiplin dan budi pekerti siswa.

Bidang pengembangan Manajemen Kepala Lab

  • Menyusun program kerja ( tahunan, semester )
  • Menyusun tata tertib penggunaan laboratorium / bengkel.
  • Menyusun jadual penggunaan laboratorium / bengkel untuk keperluan KBM praktik.
  • Menyusun instruksi kerja dan K3 penggunaan setiap jenis peralatan pada laboratorium / bengkel.
  • Melakukan pendataan inventaris laboratorium / bengkel dan mendokumentasikannya.
  • Menyusun kebutuhan peralatan dan perabot laboratorium / bengkel.
  • Menyusun laporan (bulanan) keadaan inventaris (peralatan dan perabot) di laboratorium / bengkel.
  • Melakukan penataan peralatan pada laboratorium / bengkel.
  • Menyusun rencana pemeliharaan / perbaikan peralatan dan perabot.
  • Membuat laporan pemeliharaan / perbaikan peralatan dan perabot.
  • Menyusun laporan secara berkala dan insidentil.

Bidang Pengembangan Manajemen 9 K

  • Kebersihan,
  • Keindahan,
  • Keamanan,
  • Ketertiban,
  • Kekeluargaan,
  • Kerindangan,
  • Kesehatan,
  • Keterbukaan,
  • dan Keteladanan

Bidang pengembangan manajemen Kepela Perustakaan

  • Menyusun program kerja Tata Usaha ( semester, tahunan )
  • Menyusun pembagian tugas urusan tata usaha.
  • Mengkoordinir tugas urusan tata usaha.
  • Mengurus kebutuhan fasilitas sekolah secara umum dan fasilitas tata usaha sekolah secara khusus.
  • Mengkoordinir pengelolaan keuangan sekolah.
  • Mengatur pengurusan kepegawaaian.
  • Membina dan mengembangkan karir tenaga tata usaha.
  • Menyiapkan dan menyajikan data statistik sekolah.
  • Mengatur pelaksanaan kesekretariatan dan kerumah-tanggaan.
  • Mengatur administrasi hasil proses kegiatan belajar mengajar.
  • Mengatur administrasi kesiswaan dan beasiswa.
  • Mengatur administrasi inventaris sekolah ( alat, perabot, ATK/ATM ).
  • Mengkoordinir penyiapan dan penyaluran Ijazah dan SKHUN.
  • Membantu pelaksanaan program 5 K - 7 K.
  • Membantu Kepala Sekolah dalam penyusunan RKS, RKAS, RENSTRA.
  • Menyusun laporan berkala dan insidentil

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Mutu Proses dan Mutu Hasil Belajar Siswa Meyakinkan guru dan karyawan melalui rapat dinas tentang pentingnyakualitas belajar siswa. Kinerja sekolah dimonitor secara formal dan reguler dalam kurun waktu tertentu (2 x setahun) Data dan informasi dikumpulkan dan dianalisis secara teliti untukmemperbaiki pelaksanaan dan proses pendidikan dari waktu ke waktu Kepala sekolah, Guru dan tenaga administrasi mempunyai komitmen untukbersama-sama menilai kondisi sekolah secara kritis . Pemantauan, pengkajian dan pelaporan kemajuan belajar siswa dilakukan melalui suatu proses yang sistimatis dan terencana Program inti berdasarkan skala prioritas program peningkatan mutu darisekolah dikomunikasikan ke semua pihak komunitas pendidikan Komunitas pendidikan mempunyai kepercayaan kepada sekolah danmengakui komitmen sekolah terhadap peningkatan mutu.

smkn1-manado.sch.id

Admin SMK Negeri 1 Manado